Marco Van Basten Tak Sudi Masukkan Messi Di Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepanjang Masa

By ommed


nusakini.com - Legenda besar Belanda Marco van Basten ogah memasukkan Lionel Messi dalam daftar tiga pemain terbaik dunia sepanjang masa versinya.

Mantan superstar AC Milan itu melihat, Messi belum layak disejajarkan dengan para pendahulu hebat di dunia sepakbola sekalipun megabintang PSG itu telah memenangkan tujuh kali Ballon d'Or.

Seperti diketahui, edisi terakhir Ballon d'Or sukses dimenangkan Messi, membuatnya semakin diakui sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa. Tapi nama Messi tidak masuk dalam kamus van Basten.


"Pele, [Diego] Maradona, dan [Johan] Cruyff bagi saya adalah tiga pemain terhebat dalam sejarah sepakbola," tutur van Basten seperti dilansir France Football.

Di mata van Basten, ketiga pemain legendaris di atas tak akan pernah bisa tergeser di daftar terbaik dunia, sekalipun oleh sosok seperti Messi di era modern.

"Waktu saya masih bocah, saya ingin menjadi seperti Cruyff. Dia adalah sahabat saya. Saya merindukannya. Pele dan Maradona juga sungguh luar biasa," ungkapnya.


Terkait komparasi Messi dan Maradona yang selalu didengung-dengungkan orang, van Basten berpendapat, La Pulga tak akan pernah bisa menyamai level sang mendiang.

"Messi juga termasuk pemain hebat. Akan tetapi, Maradona lebih memiliki personalitas di dalam tim. Sementara Messi bukan sosok yang menempatkan dirinya di barisan terdepan ketika berperang," tandas van Basten.

Sejak berseragam PSG dari Barcelona, Messi sendiri kehilangan sentuhan magisnya. Sepanjang musim lalu, Messi 'hanya' mencetak enam gol dalam 26 penampilan di Ligue 1, kontras dengan kebiasaan dia yang selalu menorehkan rekor di atas 20 gol setiap musim. (gi/om)